in

Jenis Penyakit Sebab Malnutrisi

Jenis Penyakit Sebab Malnutrisi –¬†Malnutrisi merupakan sebuah kondisi dimana tubuh seseorang tidak mendapatkan gizi yang cukup. Bukan hanya pada anak – anak, malnutrisi juga dapat menyerang remaja hingga orang tua. Namun, kebanyakan kasus malnutrisi di temukan pada anak – anak berusia di bawah 5 tahun atau balita.

Saat anak tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk kebutuhan tubuhnya, maka anak akan beresiko terkena Stunting. Stunting merupakan kondisi dimana tinggi badan anak tidak sesuai dengan ukuran pada umummya. Kondisi ini dapat memberikan dampal buruk dalam jangka panjang berupa meningkatnya resiko terkena penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.

Jenis Penyakit Sebab Malnutrisi

Baca juga;

Malnutrisi pada anak juga dapat menyebabkan penyakit – penyakit mematikan. Diantaranya :

Jenis Penyakit Sebab Malnutrisi

  1. Kwashiorkor

Kwashiorkor merupakan sebuah penyakit yang di sebabkan karena kekurangan asupan protein dalam tubuh. Protein yang di butuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel – sel baru dan memperbaiki jaringan sel di dalam tubuh sangat di butuhkan oleh anak dalam usia perkembangan. Penyakit ini, sangat banyak di temui pada anak – anak yang tinggal di negara berkembang termasuk Indonesia.

Umumnya, penyakit kwashiorkor akan menimbulkan beberapa gejela terlebih dahulu sebelum akhirnya menjadi parah. Beberapa gejala kwashiorkor diantaranya :

  • Hilangnya massa otot
  • Pembengkakan di bawah kulit
  • Mudah marah
  • Berat badan tak kunjung bertambah
  • Mudah merasa lelah
  • Warna kulit dan rambut mengalami perubahan menjadi kuning
  • Perut buncit
  • Timbul ruam di sekujur tubuh
  1. Marasmus

Sama dengan Kwashiorkor, Marasmus juga merupakan penyakit yang di sebabkan karena kekurangan asupan nutrisi. Umumnya, anak yang terkena penyakit marasmus kekurangan asupan kalori, karbohidrat, dan juga protein. Jika tidak segera di beri penanganan yang tepat, penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada anak.

Beri – beri merupakan penyakit yang di sebabkan akibat dari kekurangan asupan Vitamin B1 ( Thamine ). Berbeda dengan penyakit dari malnutrisi lainya, kasus Beri – beri lebih banyak di temui pada orang tua atau remaja.

Umumnya, seseorang yang terserang penyakit beri – beri akan terbangun di malam hari dengan kondisi sesak nafas. Selain itu, orang yang terkena beri – beri juga lebih mudah merasa lelah dan denyut jantung meningkat.

Kombucha Health Benefits Weight Loss

Kombucha Health Benefits Weight Loss

Healthy Dinner Ideas For Picky Eaters

Healthy Dinner Ideas For Picky Eaters