in ,

Tips Mengatasi Kutu Rambut Pada Anak

Tips Mengatasi Kutu Rambut Pada Anak – Kutu merupakan salah satu masalah utama yang sering di rasakan oleh masyarakat khususnya anak – anak di negara berkembang seperti Indonesia. Kebanyakan anak kecil di sini memiliki permasalahan yang sama pada rambutnya, yaitu serangan kutu yang membuat gatal dan sangat mengganggu. Selain itu, kutu dapat dengan mudah menyebar dari satu anak ke anak yang lainnya. Sehingga anak yang memiliki kutu umumnya di jauhi oleh teman – teman sebayanya.

Kutu merupakan serangga pengganggu berukuran sebesae biji wijen yang memiliki enam kaki dan berwarna gelap. Kutu akan menghisap darah anak yang di tumpanginya sehingga ia merasakan gatal di bagian kepala atau lebih tepatnya kulit kepala. Jika sudah bersarang dan merasa nyaman di rambut sang anak, kutu akan memproduksi telur yang berbentuk lonjong dan berwarna kecoklatan. Telur ini akak terlihat seperti ketombe namun menempel di pangkal – pangkal rambut.

tips mengatasi kutu rambut pada anak

Tips Mengatasi Kutu Rambut Pada Anak

Baca juga:

Sebagian besar masyarakat Indonesia, menganggap bahwa kutu merupaka masalah yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan kurangnya menjaga kebersihan. Padahal, pemikiran seperti ini merupakan pemikiran yang salah. Karena, faktanya rambut anak yang sering di cuci atau di keramas pun tidak dapat mencegah kutu untuk bersarang di rambutnya. Oleh karena itu, untuk para orang tua yang anaknya memiliki masalah dengan kutu, berikut ini tips mengatasi kutu rambut pada anak

  1. Rendam Perlengkapan Rambut di Dalam Alkohol

Kutu dapat menempel pada sisir, bando, topi, jepit rambut, atau perlengkapan rambut lainnya. Sebelum menggunakan perlengkapan rambut ini, ada baiknya jika kalian merendam terlebih dahulu perlengkapan – perlengkapan rambut di dalam alkohol selama beberapa menit. Hal ini dapat membunuh kutu dan telur – telurnya yang menempel pada perlengkapan rambut.

  1. Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Telur – telur kutu yang ada di rambut anak, akan lebih mudah luruh bila kalian menyisirnya saat masih basah. Oleh karena itu, cara ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghentikan perkembangbiakan kutu pada rambut anak.

Selain itu, hindari menggunakan hair dryer pada rambut anak setelah keramas. Hal ini dapat membuat kutu pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Ada baiknya jika kalian menggunakan cara alami dengan menjemur anak di bawah sinar matahari. Cara ini juga dapat membunuh kutu – kutu yang ada pada rambut anak.

  1. Gunakan Obat Kutu

Jika dirasa belum cukup, penggunaan obat kutu juga bisa kalian berikan pada anak. Namun, kalian perlu berhati – hati karena obat kutu yang di jual secara bebas mengandung ekstrak chrysanthemums atau bahan sintetis lainnya.

tips menghindari pikun

Tips Menghindari Pikun

manfaat mandi air hangat

3 Benefits of Bathing with Warm Water Which is Amazing