in ,

Tips Menghindari Pikun

Tips Menghindari Pikun – Penurunan daya ingat dan konsentrasi pasti akan kalian rasakan seiring dengan pertambahan usia. Meskipun tidak semua orang mengalami pikun atau demensia secara parah, namun kemampuan daya ingat seseorang pasti mengalami penurunan saat memasuki usia lanjut. Bahkan, ada beberapa orang yang mengalami gejala – gejala pikun di usia paruh baya atau sekitar usia 40 – an.

Baca juga:

Menurunnya kemampuan dalam mengingat sesuatu merupakan hal yang wajar pada orang tua berusia di atas 50. Kurangnya menggunakan daya pikir dan konsentrasi dalam waktu yang lama merupakan salah satu penyebab mengapa banyak orang tua yang mengalami kepikunan. Selain itu, rutinitas hidup yang monoton juga menjadi salah satu penyebab utama menurunnya daya ingat pada orang tua.

Tips Menghindari pikun

Agar fungsi otak manusia tetap stabil tanpa mengalami penurunan fungsi secara drastis, otak harus di berikan kegiatan berpikir secara aktif. Kemampuan daya pikir yang jarang di gunakan, lama – kelamaan mengalami penurunan dan menyebabkan pikun. Oleh karena itu, untuk menghindari kepikunan, kalian bisa melakukan senam otak berikut ini.

Tips Menghindari Pikun

  1. Belajar Memainkan Alat Musik

Musik merupakan salah satu hal yang dapat membuat otak kita merasa lebih tenang. Dengan mempelajari cara memainkan alat musik, kalian bisa melatih kerja otak dan daya ingat secara bersamaan. Selain itu, menghapal nada – nada dan membuat rangkaian nada yang indah juga dapat melatih ke kreativitasan di hari tua.

  1. Belajar Memasak

Meskipun rata – rata orang tua di Indonesia sudah pandai memasak, namun daya ingat mereka tetap akan menurun jika tidak melakukan eksplorasi terhadap resep masakannya. Untungnya, dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, kalian bisa membantu orang tua dalam menemukan resep masakan yang berbeda setiap harinya. Selain itu, memasak juga baik untuk melatih berbagai macam indera secara bersamaan mulai dari penciuman, perasa, dan penglihatan.

  1. Banyak Membaca dan Berpikir

Salah satu kegiatan yang sudah mulai di lupakan oleh masyarakat saat ini adalah membaca koran di pagi hari. Padahal, aktifitas yang sangat sederhana ini dapat melatih daya ingat dengan sangat efektif. Dengan banyak membaca berita, kalian bisa lebih banyak melatih kerja otak untuk memahami isi berita yang kalian baca. Namun, hindari membaca berita – berita yang kurang sekiranya dapat memberikan beban pikiran.

Tips Mengatasi Kutu Rambut Pada Anak

Tips Mengatasi Kutu Rambut Pada Anak